Dokter Kami Sahabat Anda

Selasa, 30 September 2014

PANKREAS, FUNGSI DAN PENYAKITNYA

Definisi
Pankreas adalah organ pada sistem pencernaan manusia. Pankreas terletak pada kuadran kiri atas abdomen atau perut dan bagian kaput/kepalanya menempel pada organ duodenum.




Fungsi

1.    Penghasil enzim pencernaan atau fungsi eksokrin.
2.    Penghasil hormon atau fungsi endokrin.
3.    Pengatur kadar gula darah melalui pengeluaran
glukogen.
4.    Penghasil insulin yang berfungsi mempercepat aliran
glukosa ke dalam sel pada tubuh, terutama otot.

Penyakit
Kanker pankreas, adalah neoplasma (massa abnormal jaringan)n yang terjadi ketika sel-sel membelah lebih dari yang seharusnya, mungkin bersifat jinak (bukan kanker) atau ganas (kanker).
Klasifikasi
Kanker Pankreas terbagi menjadi :
1.    Kanker Endokrin
Gejala
1.    Sakit pada bagian bawah perut dan mual yang tidak dapat dijelaskan, kadang-kadang ringan kadang-kadang berat, kadang-kadang muncul kadang-kadang tidak ada, terasa pada waktu malam.
2.    Muncul penyakit kuning tetapi tidak ada batu ginjal dan penyakit lainnya.
3.   Berat badan menurun. Penderita sakit maag karena penyerapan pencernaan kurang lancar disertai berat badan menurun, tetapi tidak sejelas kanker pankreas.
4.  Belakangan terdapat minyak pada BAB atau diabetes tiba-tiba bertambah parah. Kanker pankreas stadium dini dengan operasi pemotongan, tingkat kelangsungan hidup dalam 5 tahun mencapai 70-100%, dibandingkan dengan kanker pankreas stadium lanjut hasil kedua pengobatan memiliki perbedaan yang besar. Oleh karena itu, sewaktu muncul gejala sebaiknya langsung menjalani diagnosis pengobatan yang terperinci.

Faktor Penyebab
Secara pasti faktor penyebab kanker pankreas masih belum bisa dipastikan, tetapi seiring sudah banyaknya penelitian yang dilakukan, kanker pankreas dihubungkan dengan sejumklah faktor berikut :
1.    Pankreatitis atau radang kelenjar pankreas (akut dan kronis).
2.    Kebiasaan merokok
  1. Kurangnya asupan sayur dan buah
  2. Tingginya asupan daging merah
  3. Gemuk
  4. Diabetes mellitus
  5. Pankreatitis kronis
  6. Infeksi Helicobacter pylori
  7. Gingivitis
Potensi Penderita
  1. Berusia lebih dari 40 tahun, bentuk tubuh agak gemuk, memiliki kebiasaan hidup yang kurang baik, seperti sering merokok, minum alcohol, kebiasaan pola makan “tiga tinggi”.
  2.Gemar makan makanan berminyak lalu diare, terutama  terdapat lapisan minyak pada kotoran, hal ini mungkin                                               menunjukkan fungsi 
                                           eksokrin pankreas terganggu.
                                       3.  Menderita diabetes. Penderita diabetes lebih 
                                           dari 5 tahun, risiko terkena kanker pankreas 
                                           dibandingkan orang normal adalah 1.2 kali lipat.

Diagnosis Kanker Pankreas

1.  USG: menampilkan struktur pankreas internal, dan saluran empedu 
    apakah   terdapat obstruksi.
2. CT: CT-scan dapat menunjukkan ukuran lesi, lokasi, tapi tidak dapat diagnosis secara kualitatif akurat, scan kontras lebih mampu untuk menunjukkan hubungan antara ukuran tumor pankreas, lokasi, bentuk, struktur internal dan struktur sekitarnya. CT dapat lebih akurat menentukan apakah terdapat metastasis hati dan kelenjar getah bening.
3. Pemeriksaan MRI dan MRCP : ketika ada beberapa lesi yang sulit untuk dikarakterisasi, boleh melakukan pemeriksaan MRI sebagai pelengkap CT-sc



Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut atau ingin berkonsultasi silakan datang ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia”. Dan apabila Anda berminat ingin berobat, mengetahui lebih lanjut silahkan lihat, datang, tanyakan, buktikan sendiri atau konsultasikan segera diri Anda ke Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).


Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA