Dokter Kami Sahabat Anda

Kamis, 09 Oktober 2014

APA ITU RETINOBLASTOMA ?

Retinoblastoma atau kanker mata adalah kanker yang terjadi pada daerah di belakang mata. Kanker jenis ini dapat menyerang segala usia, namun umumnya kanker ini menyerang anak-anak berumur kurang dari 5 tahun.Penelitian American Cancer Society menyebutkan bahwa sebanyak 200 ratus anak setiap tahun mengidap retinoblastoma. Kanker mata atau retinoblastoma dapat menyerang salah satu maupun kedua mata dan dapat menyebar ke kantung mata dan ke otak (melalui saraf penglihatan).

Penyebab
Kanker mata atau retinoblastoma adalah tidak adanya gen yang bersifat menurunkan tumor. Pada umumnya, kanker mata diturunkan berdasarkan gen keturunan.

Gejala
• Mata juling
• Pupil berwarna putih
• Nyeri dan mata merah
• Iris di kedua mata berwarna tidak sama
• Gangguan penglihatan
• Bisa menimbulkan kebutaan

Pengobatan
  • Pengobatan yang dilakukan tergantung dengan ukuran dan lokasi tumor. Tumor yang masih kecil bisa diobati dengan bedah laser. Sementara tumor yang sudah menyebar ke luar mata akan dilakukan terapi penyinaran dan kemoterapi.
  • Bila pengobatan tidak berpengaruh terhadap kanker maka kemungkinan perlu dilakukan tindakan pengangkatan. Bila kanker hanya menyerang satu mata maka keseluruhan bola mata diangkat bersamaan dengan sebagian nervus optikus.
  • Bila kanker menyerang kedua mata maka akan dilakukan teknik bedah mikro khusus untuk menghancurkan atau mengangkat tumor agar kedua mata tidak perlu diangkat. Atau salah satu mata diangkat dan pada mata yang lainnya dilakukan terapi penyinaran atau bedah mikro untuk mengendalikan tumor.
  • Setelah dilakukan pengobatan usahakan untuk memeriksakan mata setiap 2-4 bulan. Bila kanker kembali kambuh maka kemoterapi bisa diulang.
Pencegahan
  • Jika memiliki keluarga dengan riwayat retinoblastoma, sebaiknya segera lakukan konsultasi genetik untuk membantu meramalkan resiko terjadinya retinoblastoma pada keturunannya

Bagi pembaca yang masih memerlukan informasi lebih lanjut tentang bahaya dan pencegahan retinoblstoma silahkan konsultasikan dengan tim farmasi kami atau silakan datang langsung ke Rumah Sakit Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” Jalan Tubagus Ismail VII No.21 Dago Kota Bandung Provinsi Jawa Barat – INDONESIA Phone: +62 - (022) 253-1000 / Fax. (022) 251-6663 / Mobile: +62 – 0812.2023.2009 (Ginjal) / +62 – 0878.9537.5000 (Diabetes Mellitus) / +62 – 0856.9518.6000 (Kanker) / +62 - 0822.1848.2898 (Jantung) PIN Blackberry: 7E8C39F5 (UMUM), 7EBA27CF (KANKER), 7E7C3491 (GINJAL) (Rumah Sakit Komplementer Canon Medicinae Indonesia hanya ada di Kota Bandung – Provinsi Jawa Barat – INDONESIA).

Team Farmasi RS Komplementer “Canon Medicinae Indonesia” – Kota Bandung – Jawa Barat INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar