Dokter Kami Sahabat Anda

Minggu, 07 Juni 2015

Tahukah Anda Bagaimana ROKOK Dapat Merenggut NYAWA anda ?

Rokok sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar orang, baik orang tua, mahasiswa, remaja bahkan anak SD sekalipun. Apabila anda menyalakan rokok dan menghisapnya, maka ratusan, ribuan, bahkan jutaan molekul – molekul radikal bebas masuk kedalam tubuh anda.

Radikal bebas adalah suatu senyawa yang kehilangan elektron bebasnya sehingga bersifat sangat reaktif, apabila radikal bebas masuk kedalam tubuh, radikal bebas cenderung mencuri elektron dari tubuh, proses ini menyebabkan cedera pada membaran sel dan inti sel, khususnya paru – paru. Sehingga terjadi kelainan dan kecacatan pada DNA.
Setelah terjadi kelainan dan kecacatan DNA maka terjadilah proses pembelahan sel yang abnormal dan tidak terkendali dan terjadilah tumor/kanker.
Kanker yang paling berbahaya akibat dari merokok adalah kanker paru – paru. Bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel – sel pada paru – paru yang bisa membentuk sel kanker. Paling tidak terdapat 80 – 90 persen kasus kanker paru – paru yang terjadi yang berhubungan dengan kebiasaan merokok.

Pada tahap awal, tidak ada tanda atau gejala kanker paru – paru yang jelas. Tapi kemudian gejala seperti batuk secara berkelanjutan hingga mengalami batuk berdarah, selalu merasa kehabisan napas, kelelahan tanpa alasan dan penurunan berat badan akan muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar